Memuji Rasulullah Bukan Bid’ah

      Ada pujiMemuji atau bershalawat kepada Rasulullah bukan merupakan perbuatan bid'ah. Bahkan bisa menjadi wajib dilakukan.an yang dibolehkan bahkan menjadi wajib dilakukan oleh setiap muslim, yaitu pujian seorang umat kepada junjungannya Nabi dan Rasul Muhammad SAW. Bahkan Allah sebagai penciptanya beserta Malaikat-Nya pun berkenan memberi salam padanya,

إن اللّـه وملا ئكتــه يصلــون على الـنبىِّ يــآ ايهــا الـذين أمنـوا صلـوا علــيه وسلمــوا تسليمــا [الأحزاب:56]
     Shalawat yang datangnya dari Allah kepada Rasulullah adalah merupakan bentuk rakhmat dan keridlaan. Yang datangnya dari Malaikat menjadi permohonan ampun. Dan bila datang dari umatnya, bermakna sanjungan dan pengharapan, agar rakhmat dan keridlaan Tuhan dikekalkan padanya. Bisa juga pujian dari kita merupakan ucapan terima kasih seorang ummat kepada junjungannya. Karena dengan eksistensinya sebagai seorang Nabi dan Rasul kita memperoleh tuntunan hidup yang hakiki.
     Shalawat dan sanjungan pada Rasulullah bukanlah merupakan perbuatan bid’ah, karena beliau sendiri mempersilahkan umatnya untuk memujinya. Memuji atau menyanjung  Rasul bukan berarti kita menuhankannya. Karena itu merupakan bentuk pengakuan umat Islam bahwa beliau adalah pemimpinnya, manusia pilihan Tuhan. Insya Allah dengan menyanjung dan memujinya secara berlebihan pun Allah tetap akan menjaga hati umat Islam yang benar-benar mencintanya tersebut agar tetap mampu membedakan mana pujian kepada Rasululllah sebagai seorang pemimpin seluruh alam dan makhluk, serta mana pujian kepada Allah sebagai Tuhan, Pencipta, Pemilik dan Penguasa alam dengan segala isinya.
Dalam salah satu Burdah alBushiri tertulis bait syair ;

دَعْ ما ادَّعَــــــتْهُ النصارى في نبيّهم

 واحْكُــــم بما شِــــئْتَ مَدْحــاً فيه واحْتَكِــــم  
Janganlah kau anggap Rasululllah
Seperti anggapan Nasrani pada Nabi Isa
Kibarkanlah pujian terhadap kekasih Allah 
Setinggi apa pun yang kau suka
وانْسُـــبْ إلى ذاتِـــه ما شِـــئْتَ من شَــرَف
وانْسُــبْ إلى قــَدْرِه ما شِــئْتَ مِن عِظََََََََــــمٍ
Sebutkan untuknya yang kau tahu
 Tentang yang mulia
Dan ucapkan kepadanya 
Kebesaran yang tak terhingga
    
     Dalam riwayat lain Sahabat Abu Bakar as-Shiddiq r.a. berkata bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda : 

  من صلي علي كنت شَفِيعَه يوم القيامة 
 “ Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka aku akan memberinya syafaat pada hari kiamat. “ (HR. Ibnu Syahiin dalam at-Targhib dan Ibnu Basykawal).
    
     Maka sangat keliru dan sombong  jika ada salah satu atau kelompok Islam yang enggan memuji Rasulullah, bahkan kemudian menganggap pujian itu sebagai perbuatan sia-sia atau bid’ah. Bershalawat atau memuji Rasululullah adalah merupakan bagian dari cinta Rasul. Mereka mungkin tidak sadar bahwa mereka juga merupakan umat terakhir yang berada di dalam syariat Islam yang notabene dibawa oleh beliau. Dan mungkin mereka juga tidak mengerti, kelak di hari kiamat umat Rasulullah, bahkan umat-umat Nabi sebelumnya, akan berbondong memohon syafaatnya yang agung nan luas. Lalu jika mereka tidak mau mencintai, memuji dan mengakuinya, kepada siapakah mereka akan meminta syafaat kelak ? 
     Wallaahu a’lam bish-shawab.

Ditulis dari berbagai sumber oleh Solichin Toip.

Tentang Solichin Toip

Pengrajin dan produsen alat musik tradisional Islamis dan modern al ; aneka versi Rebana Hadrah, Diba, Syrakal, Qasidah, Marawis, Gendang, Bedug dan Mimbar mesjid, Marching Band, anekea furnitur rumah tangga, dan lain-lain. Generasi ke II pengrajin Rebana terbaik dan pertama sejak 1950-an dari Bumiayu. Apresiasi tertinggi terpilih dalam program acara Laptop Si Unyil di Trans7 pada 21 April 2010 sebagai satu-satunya pengrajin rebana berkualitas terbaik se Indonesia.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Islam, isra mi'raj, Kisah Nabi dan Rasul, kisah nyata, Nabi Muhammad SAW, Renungan, Syiar Islam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s