Rebana Hadrah Versi Mapsi / Hadrah Variasi

® Suara Tunggal Bahana

     Mapsi adalah singkatan Mata Pelajaran Seni Islam. Ekstrakuler ini banyak ditemukan terutama di sekolah-sekolah Islam tingkat dasar dan pertama di Jawa Tengah. Tidak heran jika perlombaan seni Rebana versi Mapsi tiap tahun dilombakan dari mulai tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi Jawa Tengah. Namun kurang lebih  tiga tahun belakangan ini versi Mapsi juga telah merambah beberapa daerah di Jawa Barat, Jakarta, bahkan Sumatra dan Kalimantan. Untuk daerah Jakarta mereka menyebutnya dengan sebutan versi rebana Variasi. Disebut demikian karena rebana Mapsi adalah jenis Rebana dengan komposisi paling banyak dan variatif.

     Adapun komposisi rebana Mapsi adalah terdiri dari 4 Rebana Hadrah, 1 Bass, 1 Bariton, 1 Tenor, 3 Kempling  [sopran] I, II dan III, dan 1 buah Tamrin/ Markis. Beberapa alat musik lain yang bisa dikolaborasikan antara lain Gendang Remo Hadrah, Tambourine [Tamrin bulat dengan ketukan suara dari head/ mika], Snare Drum Hadrah, Gending Saron, Keyboard, Keprak, dan lain-lain.

   Anda berminat ? Silakan lihat daftar harganya atau pesan di sini.

Tentang Solichin Toip

Pengrajin dan produsen alat musik tradisional Islamis dan modern al ; aneka versi Rebana Hadrah, Diba, Syrakal, Qasidah, Marawis, Gendang, Bedug dan Mimbar mesjid, Marching Band, anekea furnitur rumah tangga, dan lain-lain. Generasi ke II pengrajin Rebana terbaik dan pertama sejak 1950-an dari Bumiayu. Apresiasi tertinggi terpilih dalam program acara Laptop Si Unyil di Trans7 pada 21 April 2010 sebagai satu-satunya pengrajin rebana berkualitas terbaik se Indonesia.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Daftar harga rebana dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s